(post pertama I)
SEJARAH SOFTWARE
Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi.
Komputer di gunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan
berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah
perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik
(+, -, :, x) dan logika (AND, R, >, <, =). Dari operasi dasar ini
di susun program / perangkat lunak.
Gb 1 Tingkat Pemroses
Tingkat pemrosesan yang di kerjakan perangkat
lunak pun dari machine-like, mulai berubah seperti human-like.
Di dalam teori informasi, di susun hirarki informasi, mulai dari data/
fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang
berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan
suatu alur logika tertentu menjadi knowledge. Dan pada akhirnya
gabungan knowledge yang di gabung dari berbagai sisi guna
membangun wisdom. Tingkat pemrosesan yang di kerjakan
perangkat lunak pun dari machine-like, mulai berubah seperti human-like.
Di dalam teori informasi, di susun hirarki informasi, mulai dari data/ fakta,
kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna
menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu
alur logika tertentu menjadi knowledge. Dan pada akhirnya gabungan knowledge yang
di gabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom. Data yang di
proses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan
karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh
perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan format data digital
dengan satuan bit (binary digit).
PERANGKAT LUNAK SEBELUM KOMPUTER GENERASI PERTAMA
- 300
SM. Sistem Kode yang Pertama
Bangsa Yunani
menggunakan sinyal obor untuk mengirimkan berita dari satu kota ke kota lain.
Untuk masing-masing stasiun didirikan dua buah tembok setinggi 6 kaki dan
masing-masing mempunyai 5 obor. Kombinasi obor yang ada di tembok pertama
dengan yang ada di tembok kedua membentuk suatu huruf. Tiap stasiun mempunyai
tabel berbentuk matriks 5 baris 5 kolom. Tembok di sebelah kanan mewakili baris
dan tembok di sebelah kiri mewakili kolom. Perpotongan antara baris dan kolom
membentuk kode huruf yang dimaksud. Sistem ini disebut dengan polybius
telegraph.
- 1842,
Penulis Perangkat Lunak yang Pertama
Ada Augusta (1815 –
1852), anak perempuan dari seniman Lord Byron merupakan anak pertama yang
menulis perangkat lunak yang diterapkan pada Babbage’s Analytical
Engine. Nama Ada sekarang diabadikan pada nama sebuah bahasa komputer yaitu
ADA. Pada tahun 1983 ADA merupakan satu-satunya bahasa komputer yang digunakan
pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengatur dan
mengendalikan alat-alat perang, taktik dan sistem strategi pertahanan.
- 1933,
Program Mekanik yang Pertama
Wallace J. Eckert
(1902 – 1971) mengabungkan beberapa mesin akuntansi plong IBM yang berbeda.
Untuk menjalankan mesin ini sebagai satu kesatuan, Wallace J. Eckert membuat
suatu program mekanik yang mengontrolnya.
- 1945,
Kutu yang Pertama
Sewaktu
mengembangkan komputer Harvard Mark II oleh tim yang dikepalai oleh Grace
Hopper, suatu relay ditemukan rusak. Di dalam relay yang rusak ditemukan adanya
sebuah bug (kutu) yang terjepit mati. Mulai saat itu bila
komputer tidak bekerja atau suatu program komputer mengalami kesalahan, para
ahli mengatakan mereka sedang melakukan proses debugging.
PERANGKAT
LUNAK SEMASA KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Pemograman pada
komputer generasi pertama kebanyakan adalah ahli teknik dan ahli matematika
yang tertarik menggunakan komputer untuk menyelesaikan permasalahan di
bidangnya. Program yang dibuat dilakukan dengan cara menghubungkan beberapa
sirkuit di dalam komputer atau dengan membuat program dalam bahasa mesin yang
disimpan di memori komputer secara permanen. Biasanya program tersebut sifatnya
unik untuk suatu aplikasi tertentu dan tidak dapat digunakan untuk aplikasi
yang lain.
PERKEMBANGAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK
Dari perkembangan perangkat lunak, kita bisa membayangkan bagaimana
perkembangan interaksi manusia
dengan perangkat lunak. Bentuk paling primitif dari perangkat lunak,
menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit
(bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat
menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4
bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit). Kelompok-kelompok bit
ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi
aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang
di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan
karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan)
penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa
pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat
ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat
kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan
ratusan orang dalam pembuatannya.
Gb 2 Siklus Perangkat Lunak
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK
Era Pioner
Bentuk perangkat lunak
pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer,
gambar berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer. Cara lain
dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu
kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara
langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era
ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di
kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam
komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya
oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan
industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah
perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak
mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang
di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak
proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat
lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara
cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem
basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di
proses).
Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini,
perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat
lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani
internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh
penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada didalam perangkat
lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada
sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di
lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya
komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC
dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi
peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah
pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat
lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan
banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin
ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak
pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang
mulai bisa mengenal suara dan gambar.
1)
Era pioner
|
2)
Era stabil
|
3)
Era mikro
|
4) Era Modern
|
• Proses batch
• Distribusi terbatas
• Pembuatan khusus
|
• Multi
user
• Real
- time
• Database
• Produk perangkat lunak
|
• Sistem tersebar
•Penanaman Kecerdasan
•PerangkatLunak Murah
|
• Sistem desktop
• Teknologi objek
• Sistem pakar
• Pemrosesan pararell
• Jaringan komputer
|
1950 1960 1970 1980 1990 2000
Gb.3 Evolusi Perangkat Lunak
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak
secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak
aplikasi.
Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
1.
Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan
algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan
komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++,
FORTRAN.
Perangkat Lunak Bahasa
Perangkat lunak bahasa
(language software), yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan
instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin
supaya dapat diterima dan dimengerti oleh computer.
Bahasa computer dapat
dibedakan menjadi dua macam, yaitu bahasa tingkat rendah (low level language)
dan bahasa tingkat tinggi (high level language).
a. Bahasa Tingkat Rendah
Bahasa ini
digunakan di dalam computer itu sendiri, sehingga bahasa ini sering disebut
bahasa mesin(machine language). Komunikasi antar komponen di dalam computer
dilakukan dengan sinyal-sinyal atau kode-kode binner yakni kode angka 1 dan
kode angka 0. Di antara yang termasuk dalam bahas tingkat rendah adalah Machine
Language, Assembly Language, dan RPG (Repeat Program General).
b. Bahasa Tingkat Tinggi
Bahasa computer
ini dapat dimengerti oleh orang awam, karena dibuat dan dikembangkan untuk
orang awam. Di antara program bahasa tingkat tinggi adalah Basic, Fortran,
Cobol, dan Pascal.
2. Sistem Operasi : saat komputer
pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan,
sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur
proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke
peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB
OS/2, Apple’s System 7
3. Utility : sistem operasi
merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan
perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak
(bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi,
defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility Perangkat lunak aplikasi
merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus
berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu
pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro),
database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel
dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office dengan
tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan di berikan pada
pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office
yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access
(database), dan PowerPoint (presentasi). Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan
internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik
berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk
menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk
browsing, e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi yang bersifat khusus di
antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur),
Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi
persamaan matematis).
SISTEM OPERASI
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang di gunakan. Jenis
prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan
Macintosh. PC Macintosh, perangkat lunaknya di kembangkan oleh perusahaan yang
sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM PC. Sistem
operasi dari cloning IBM saat ini secara umum terbagi menjadi
2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft dan yang bersifat freeware yang
di kembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena bersifat open
source, yaitu bahan baku pembuatan dapat di baca, sehingga hasilnya dapat di
tambah atau di modifikasi oleh setiap orang.
-SUMBER:
0 komentar:
Posting Komentar